Kebakaran Lahan, Warga di Kawasan Padat Penduduk Panik

36
Kebakaran lahan di Kabupaten Kolaka

KOLAKA – Kebakaran lahan tak jauh pemukiman padat penduduk di Desa Watalara Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), kamis siang (30/07/2020), hebohka warga setempat. Sedikitnya dua hektar lahan tidur dilalap si jago merah dalam waktu singkat.

Tak hanya disebabkan karena tiupan angin, lahan ini juga dipenuhi ilalang dan ranting pohon kering, sehingga api dengan mudah merembes kemana – mana. Menurut saksi mata bernama Saprin mengatakan, awal mula api berada dari suatu titik yang menimbulkan asap, belum sempat dipadamkan api sudah membesar dan menghanguskan seluruh ranting pohon yang kering.

“saya sempat melihat asap dari arah timur, namun dalam waktu sekecap api langsung membesar dan merembes ke pohon lainnya” tuturnya.

Pemadam kebakaran kolaka yang tiba di lokasi kejadian, berusaha memadamkan api dengan menyiram air. Menurut Kasi Pemadam Kebakaran Pemda Kolaka (Harlis Sea) mengatakan tim pemadam kolaka mengaku kesulitan untuk menjikkan api, lantaran lokasi pengambilan air berada jauh dari lokasi kejadian, sehingga terpaksa menggunakan peralatan seadanya menggunakan ranting pohon untuk memadamkan api.

“Api berhasil dipadamkan tiga jam kemudian, setelah empat unit mobil pemadam kami diterjungkan ke lokasi kejadian, namun kendalanya lokasi kejadian jauh dari lokasi pengambilan air” ungkapnya.

Meski tidak ada korban jiwa dan kerugian materi, tetapi hal ini harus menjadi perhatian instansi terkait. Sebab lokasi tersebut kerap terjadi kebakaran saat musim kemarau tiba apalgi lahan tidur tersebut sangat dekat dengan pemukiman warga.

Penulis : AL

Apa Komentar dan Pendapat Anda