Pejuang Pendidikan, Jeck Akbar Dan Bripka Sugianto Bangun SDM Anak Bajau

326
TBM Terima bantuan Buku dari Pendonor

Kolaka – Pendidikan menjadi salah satu hal terpenting dalam membangun generasi bangsa. Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah maupun lembaga swasta demi meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Kesetaraan sumber daya manusia (SDM) terus dipacu agar tidak tertinggal dari negara-negara lainnya. Seperti halnya di ujung selatan Kelurahan Wolo, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Umumnya di huni mayoritas etnis Bajo yang kini telah merasakan pentingnya pendidikan melalui Taman Baca Masyarakat (TBM) “Ceria Bangsaku” yang dikelolah oleh Jeck Akbar, tak lain merupakan anak bajo Lulusan terbaik Universitas 19 November Kolaka .

TBM Ceria Bangsaku mulai beroperasi sejak Juli 2019 lalu, dan kini telah memiliki anak didik sebanyak 35 orang dari usia 4 hingga 10 tahun dengan tenaga pendidik sukarela sebanyak 15 orang.

Jeck Akbar atau sapaan jeck menuturkan, taman baca masyarakat ini, lahir berkat inisiasi bripka Sugianto yang juga merupakan bhanbinkamtibmas di Polsek Wolo, yang melihat minimnya fasilitas dunia pendidikan di wilayah tersebut.

“sejak berdiri, kami sudah menerima sebanyak 35 Anak didik, yang usianya antara empat hingga sepuluh tahun dan kondisi ini tidak lepas dari dukungan pak sugi. Selain membaca, tenaga pengajar juga mengajarkan cara menulis, berhitung, mengaji hingga perkenalan kosa kata dari bahasa Inggris, kebetulan saya selesai sebagai sarjana pendidikan Bahasa Inggris, ungkapnya.

Sebagai Dewan Pembina TMB, Bripka Sugianto Hutkri, terus berupaya agar TBM terus berkembang dengan melakukan koordinasi dan komunikasi ke berbagai pihak, salah satunya kepada pemerhati dunia pendidikan, Ridwan Demmatadju, yang dengan suka rela memberikan bantuan buku bacaan.

“saya kenal dengan pak Sugi, polisi yang memiliki ide kreatif untuk mengembangkan wilayah binaanya sebagai bhanbinkamtibmas” ungkap Ridwan usai menyerahkan buku.

Masyarakat Bajo yang berada di wilayah ini, mengapresiasi Jeck Akbar dan Bripka Sugianto, secara sukarela memberikan pendidikan bagi Anak-Anak suku Bajo, sehingga dapat memiliki kehidupan yang lebin baik.

Penulis : Lawolo

Apa Komentar dan Pendapat Anda