Warga Kolaka Berburu Emas di Tengah Covid-19

2694
Aktivitas penambangan emas secara tradisional di di Kecamatan Tenggetada, Kolaka

KOLAKA – Himpitan ekonomi di tengah pandemi covid-19 dimanfaatkan sebagian warga Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, untuk berburu emas di sungai Landaka tapal batas antar desa Pewisoa Jaya dan Desa Popalia.

Jalurnya cukup extrime untuk menuju ke pusat penambangan tradisional. Dari ibu kota kecamatan Tanggetada, empat sungai harus dilalui dengan jarak tempuh sebelas kilo meter.

Di lokasi tersebut, nampak beberapa warga tengah mendulang emas dengan menggunakan wajen serta mesin alkon. Aktivitas ini telah berlangsung satu bulan lamanya, sejak warga kesulitan memenuhi kebutuhan ekonominya, akibat adanya pembatasan interaksi sosial.

Sarifuddin, warga Desa Pewisua Jaya mengaku, sejak mengetahui adanya warga yang melakukan penambangan emas secara tradisional, dirinyapun langsung ke lokasi untuk mencari nafkah bersama warga lainnya demi memenihi kebutuhan keluarganya.

“Lamami pak saya di sini. Dari bulan puasaji saya di sini. Perhari kami dapat 3 kaca,” tuturnya.

Dari hasil mendulang, warga mampu mengumpulkan serbuk emas antara 3 sampai 4 kaca untuk perharinya. Bahkan ada beberapa warga lainnya yang mampu menghasilkan 3 hingga 7 gram. “Dengan menggunakan peralatan seadanya, Kami bisa dapat serbuk emas, antara 3 hingga 4 kaca setiap harinya”, kata Adnan, salah satu warga Kecamatan Watubangga, sabtu (06/06/2020).

  • Penulis : Asdar Lantoro

Apa Komentar dan Pendapat Anda